6 Tips Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone

6 Tips Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone – Saat ini pengguna smartphone sangat banyak, dari semua umur dan kalangan memilikinya, dari banyaknya pengguna smartphone terkadang orang hanya bisa memakai tanpa perlu melakukan perawatan terutama bagian dalam perangkat. Smartphone sama dengan motor harus selalu dilakukan perawatan agar dapat berjalan dengan maksimal. Banyak hal menyebabkan smartphone berjalan lambat, terkadang pengguna tidak menyadari dan selalu berpikir bahwa smartphone mereka mengalami masalah padahal sebenarnya cuma mengalami pengurangan kinerja yang disebabkan pemakaian tanpa adanya perawatan.

Tips Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone

Untuk Anda yang mengalami masalah di atas jangan panik bila kinerja smartphone melambat dan buru-buru menyalahkan atau berpikir bahwa smartphone sudah rusak, tidak menutup kemungkinan penyebabnya adalah kesalahan penggunaan dan itu sifatnya wajar, pemakai, dan pengoperasian lama tanpa adanya perawatan adalah penyebabnya.

Banyak yang bisa dilakukan untuk memulihkan seperti keadaan semula dengan beberapa tips di bawah Anda dapat mempercepat kinerja smartphone tanpa harus membawanya ke tempat servis. Berikut adalah 6 tips mudah mempercepat kinerja smartphone yang dapat Anda lakukan.

1. Kapasitas Smartphone
Langkah pertama yang harus dilakukan agar mendapatkan performa terbaik adalah dengan mengecek kapasitas smartphone. Banyaknya muatan pada smartphone sudah pasti akan membuat smartphone melambat, cobalah mengecek seberapa banyak file yang tersimpan di memori internal maupun memori eksternal, bila sudah terlalu banyak sebaiknya Anda memberikan ruang kosong dengan menghapus file tersebut, bila dirasa masih diperlukan sebaiknya membackup data atau file ke perangkat lain agar suatu saat Anda memerlukannya bisa mengembalikannya lagi. Selain itu history browser juga salah satu penyebab smartphone melambat, hapuslah history browser pada smartphone untuk mendapatkan performa terbaik pada smartphone Anda.

2. Hapus Aplikasi Tidak Berguna
Suka menginstal aplikasi biasanya dilakukan hanya untuk sekedar coba-coba aplikasi tersebut, tidak dapat menyalahkan karena memang sudah kebiasaan pengguna baru smartphone selalu suka menginstal aplikasi, namun setelah diinstal biasanya pengguna tidak lagi menghapus aplikasi tersebut walaupun tidak digunakan. Hal inilah salah satu penyebab smartphone tidak berjalan dengan maksimal karena banyaknya aplikasi yang terinstal di smartphone. Bagi Anda cek lagi aplikasi yang terinstal, apabila aplikasi tersebut tidak berguna silakan dihapus dari sistem karena banyaknya aplikasi akan membuat memori smartphone selalu membaca dan itu salah satu penyembab smartphone berjalan lebih lambat.

3. Update Sistem Operasi
Mengupdate software terutama sistem operasi seringkali terabaikan oleh pengguna smartphone, hal ini biasa terjadi karena pengguna malas untuk meluangkan waktu untuk memperbaharui padahal ini sangat penting untuk memaksimalkan kinerja smartphone karena sistem operasi selalu melakukan perbaikan dengan selalu memperbaharui beberapa bug untuk meningkatkan pengoperasian yang pastinya akan mempengaruhi dari kinerja smartphone.

4. Hapus Widgets Tidak Berguna
Widgets di halaman utama pada smartphone memberikan keindahan pada smartphone, bisa juga digunakan sebagai jalan pintas untuk membuka atau mengakses sesuatu dengan mudah. Namun terkadang widgets yang terlalu banyak dipasang pada layar smartphone mengakibatkan sistem menguras memori terlalu banyak untuk menjalankannya dan menyebabkan kinerja smartphone melambat.

5. Jangan Lakukan Root dan Overclock
Melakukan rooting dan overclocking pada smartphone terkadang biasa dilakukan oleh pengguna smartphone karena sekarang  tidak hanya dilakukan pada komputer saja tetapi juga bisa dilakukan pada smartphone. Namun secara tidak disadari kebiasaan melukan hal tersebut dapat menyebabkan baterai cepat panas dan juga beberapa software bawaan smartphone tidak mendukung yang menyebabkan sistem berjalan lambat. Sebaiknya bagi Anda jangan coba-coba melakukan rooting dan overclocking bila tidak menguasai sistemnya karena bisa membahayakan kegagalan pengoperasian.

6. Menutup Aplikasi di Balik Layar
Aplikasi tidak selalu berjalan di depan layar, ada juga yang berjalan di belakang layar tanpa disadari pengguna smartphone. Hal tersebut biasanya terjadi karena ada kalanya seorang pengguna smartphone lupa untuk menutup aplikasi dengan sempurna sehingga aplikasi tersebut masih berjalan di belakang layar, keadaan demikian bisa membuat baterai pada smartphone cepat panas dan tentunya akan mempengaruhi kinerja smartphone.

Oleh karena itu sebaiknya memeriksa kembali aplikasi atau game yang sudah dimainkan apakah sudah benar-benar tertutup dengan sempurna sebelum Anda membuka aplikasi atau game baru lainnya.

Demikian 6 tips mudah mempercepat kinerja smartphone agar smartphone bekerja dengan maksimal dan mendapatkan kembali top performa seperti ketika Anda pertama kali membeli.

BuletinGadget.Com:

  • menghapus quizmew
  • memaksimalkan lenovo a1000
  • cara meningkatkan performa lenovo a 1000
  • cara overlocking lenovo a6010
  • cara overclock lenovo a6010
  • cara meningkatkan kinerja lenovo a6010
  • cara memperlancar sistem lenovo a1000
  • cara mempercepat performa hp lenovo a1000
  • cara mempercepat kinerja hp lenovo a1000
  • cara mempercepat kerja lenovo a1000
6 Tips Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone | addyn | 4.5
Technology Blogs
best Technology blogs
top blogs
top blogs
Top  blogs
Technology
Muggar för espresso
W3 Directory - the World Wide Web Directory
Visit Buletin Gadget at Ping.sg